KEGIATAN DAN KAPAL

Sobat Hafara,

Pertengahan tahun sampai akhir tahun ini, banyak kegiatan kapal. Kegiatan kapal yang ditunggu para ABK adalah sandar dan rekrutmen ABK baru,,
Tentu saja, karena perekrutan ABK yang baru akan berarti kesempatan baru bagi para "pencari kapal" istilah para ABK yang sedang menunggu can atau chance untuk naik ke kapal idaman masing-masing.
Kenapa idaman masing-masing,,tentu saja setiap ABK mengidamkan lokasi atau fishing area masing-masing bukan? karena mereka punya pengalaman pribadi masing-masing yang indah di tempat mereka singgah.
Ada yang senang untuk kapal yang operasinya singgah di Cape Town, katanya pemandangan di sana indah dan sering nyandar di Cape Town itu menyenangkan. Namun juga ada yang mengatakan sering sandar adalah penyebab bokek alias tidak punya uang ketika pulang nanti ke keluarganya masing-masing.
Ada pula yang senang untuk naik kapal yang opeasinya singgah di Callao.. ini pelabuhan impian para ABK yang senang singgah di negara dengan bahasa Spanyol ini. Mereka mengatakan kalau singgah di Callao ini seperti singgah di negeri sendiri...haha, katanya sih. Entah apanya sehingga mereka mengatakan demikian. Yang jelas hati-hati menggunakan uang di negeri dongeng,, ehh maksudnya di negeri orang.
Ya,,, negeri dongeng, karena saya hanya sering mendengar kisah yang mereka bagikan tentang negeri asing yang mereka singgahi. Tanpa harus ke negeri itu,,hehe. Dongengan mereka tentang negeri yang mereka singgahi benar-benar luar biasa.
Tentang uang mereka dan uang kita jika dibelanjakan, tentang makanan yang mereka makan, tentang minuman yang mereka minum dan tentang apa saja yang mereka ceritakan sampai tak tersisa, karena semua menarik. Menarik untuk disimak tentu, apalagi jika sudah cerita tentang ... wanita.
Ya,, wanita-wanita dimana mereka singgah tentu sangat luar biasa. Untuk diceritakan tentu. Seperti segerombolan lelaki jika singgah di negeri wanita. Ya semua penghuninya wanita dan cantik-cantik. Tentu dapat kita bayangkan apa yang akan terjadi bukan ? ini tentu bukan cerita tentang segerombolan bajak laut yang menemukan negeri para wanita cantik. Kita dapat memilih wanita mana yang menemani hari-hari kita selama mendarat. Menemani makan, minum, ngobrol, berkelana, dan tentu menemani setiap saat.
Hehe...ngelantur.

Selamat datang di Hafara ,,, negeri dimana job kapal ikan selalu memikat untuk para pelaut sejati. Las Palmas, Peru, Kolombia, Mauritius, Selandia Baru, dan tentu Cape Town, Afrika Selatan. Bagi kita kaum muslim, Cape Town bukan hanya menarik untuk disinggahi kotanya. Tapi juga wisata religi ada di sana. Ya,,,peninggalan Syeh Yusuf dari Sulawesi patutlah kita ziarahi.

Dan mari kita berbagi cerita tentang banyak hal.
Tentu Hafara di Depok adalah agen yang menjadi rujukan setelah Harini di Tebet, karena kita adalah para pelaut sejati.

Salam,
Ditunggu di Hafara Paspor dan Buku Pelautnya.





Komentar